Mengulas Situs Bapsi Gunadarma

Sekilas Tentang Bapsi Gunadarma


Sesuai dengan kebijakan umum pada UG Good University Governance yang menyatakan bahwa “Pengelolaan Sistem Informasi menjadi wewenang dan tanggung jawab Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi, yang berada di tingkat Universitas dan bertanggung jawab ke Rektor Universitas Gunadarma melalui Pembantu Rektor sesuai dengan lingkup kerjanya”, Biro Administrasi Perencanaan dan Sistem Informasi (BAPSI) merupakan salah satu unit struktural yang ikut mempunyai kontribusi dalam perencanaan, pengembangan, implementasi dan pemeliharaan fasilitas teknologi informasi di Universitas Gunadarma. Fungsi dan wewenang BAPSI secara umum bersifat koordinatif bersama unit pelaksana dan unit terkait lainnya dalam peningkatan layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi.
BAPSI merupakan unit kerja di tingkat universitas yang berada di bawah Rektor deserta jajaran Pembantu Rector, sesuai dengan struktur organisasi Universitas Gunadarma. Struktur Organisasi BAPSI secara keseluruhan selengkapnya dapat dilihat pada Gambar di bawah ini.

Fungsi dan wewenang BAPSI secara umum bersifat koordinatif bersama unit pelaksana dan unit terkait lainnya dalam peningkatan layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Pada tahun 2007 ini, BAPSI membentuk unit kerja khusus yaitu Network Operation Center (UG-NOC), System Development Center (UG-SDC), Media and Information Center (UG-MIC), E-Learning Center (UG-ELC), dan Research Information Center (UG-RIC). Kelima unit baru tersebut melengkapi struktur BAPSI sebelumnya, khususnya yang terkait dengan layanan Sistem Informasi.
Deskripsi tugas BAPSI dan unit kerja di bawahnya mengacu kepada struktur organisasi dan deskripsi tugas yang telah disyahkan oleh Rektor Universitas Gunadarma. Deskripsi tugas selengkapnya dapat dilihat pada tabel di bawah ini.

Unit Kerja Bapsi

No.
Unit Kerja
Deskripsi Tugas
1.
Network Operation Center
(Pengelola Inherent)
(1) Instalasi, pemeliharaan, dan monitoring jaringan komputer (backbone, intranet, internet, wireless); (2) Layanan akses dan koneksi internet; (3)Bandwidth management and policy; (4) Pemberdayaan layanan INHERENT, (5) Pengukuran kinerja layanan intranet dan internet (internet usage); (6) Trouble shootingrisk assessment, & DRP; dan (7) Inventory check list fasilitas jaringan komputer dan komunikasi data
2.
System Development Center
(1) Pengembangan sistem informasi akademik sesuai dengan kebutuhan atau permintaan stakeholder; (2) Pengembangan fitur layanan official website; (3) Dokumentasi sistem informasi; (4) Pembuatan User Guide; (5) Pelatihan end-user; (6)Pembuatan portofolio aplikasi yang berjalan; dan (7) Identifikasi kebutuhan sistem yang akan datang bersama-sama dengan calon pengguna sistem
3.
E-Learning Center
(1) Koordinasi pengembangan materi e-learningdengan unit terkait; (2) Pemeliharaan dan monitoring portal e-learning (termasuk staffsite&studentsite); (3) Pengembangan content management&SOP implementasi e-learning; (4) Diseminasi/pelatihan e-learning ke dosen dan mahasiswa; dan (5) Monitoring pemanfaatan e-learning oleh dosen dan mahasiswa
4.
Media&Information Center
(1) Content provider untuk website gunadarma.ac.id, UG-News, UG-TV, UG-Radio; (2)Helpdesk untuk media informasi Gunadarma (website dan elektronik); (3) Monitoring website ygcontent updating-nya didesentralisasi; (4) Layanan data untuk pihak eksternal; (5) Public educationberbasis TIK, (6) Bantuan layanan promosi publik; dan (7) Survey kepuasan pengguna akhir danfeedback mechanism
5.
Research Information center
(1) Penanggung jawab content management untuk ejournal dan repository system; (2) koordinasi dengan content provider untuk content-updating ke ejournal dan repository system; (3) diseminasi dan sosialisasi ejournal dan repository system; dan (4) Kerja sama dengan pihak eksternal dalam penyediaan materi untuk e-journal dan repository system.




Ulasan Tentang Bapsi
1. Jenis Web
      Menurut saya web bapsi merupakan jenis web Dinamis karena pada situs tersebut terdapat form searching dan memiliki admin tersendiri yang setiap waktu dapat diperbarui/diupdate setiap waktu. Selain itu, disebut dinamis karena situs tersebut saling berkaitan dengan situs gunadarma lainnya.
2. Usability
     Menurut Jacob Nielsen, usability adalah sebuah atribut kualitas yang menilai tingkat kemudahan user interface untuk digunakan. Usability juga mengacu kepada metode untuk meningkatkan kemudahan penggunaan selama proses perancangan.
     Situs Bapsi merupakan situs User Friendly karena mudah dimengerti oleh si pengguna/user, karena situs tersebut untuk menjelaskan tentang layanan informasi akademik dan pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi, jadi situs ini harus mudah digunakan mahasiswa gunadarma untuk mengetahui isi dari situs tersebut.

3. Desain Web
     Desain pada situs Bapsi bisa dibilang bagus karena dalam situs Bapsi banyak menggunakan gambar sehingga user tidak cepat bosan atau jenuh jika melihat isi dari situs Bapsi. Selanjutnya, situs Bapsi juga menjelaskan isinya dengan sangat jelas dan mendetail (terutama pada bagian Home bapsi).

4. Accesibillity
     Secara accesibillity situs Bapsi sangatlah mudah untuk di akses dan ringan saat kita membuka situs http://bapsi.gunadarma.ac.id karena tidak banyak konten lain yang menghambat aksesnya situs Bapsi. Selain itu, jika si pengguna tidak mengetahui situs Bapsi, sangatlah mudah jika kita mencari mellalui google, dengan mengketikan keyword "Bapsi Gunadarma" akan muncul pada tampilan awal, seperti gambar berikut.

Jadi sangatlah mudah untuk mengakses situs Bapsi dan situs Gunadarma lainnya. 

Category: 4 komentar

4 komentar:

aditya syaiful anwar mengatakan...

nice share broo..

yapz menurut ane jg web bapsi diatas termasuk web dinamik secara hampir semua rata rata web gundar pake cms semua..

achmad mengatakan...

hmm,karena babsi sebagai website yang memberikan informasi dalam perencanaan, pengembangan, implementasi dan pemeliharaan fasilitas teknologi informasi di Universitas Gunadarma,kita jadi bisa mengetahui perkembangan dari universitas gunadarma itu sendiri,
nice share gan :)

Evi Wijayanti mengatakan...

thx you info,a :)

Diny Fahmila mengatakan...

Kita juga mempunyai jurnal mengenai Bandwith Management, silahkan dihubungi dan dibaca. Berikut linknya: http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2572/1/168.pdf
Semoga bermanfaat!

Posting Komentar